Membuka Pandora Box Perilaku Korup Dari Dimensi Etika, Budaya, dan Keperilakuan

Penulis:Ardeno Kurniawan
Penerbit:BPFE UGM Yogyakarta dan Andi Offset
Tahun terbit:2018
Harga:Rp70.000,00 (belum ongkir)
Pemesanan:Nomor HP (WA) 082138406066
Sinopsis:Mengapa seseorang terdorong untuk melakukan korupsi? Jawaban atas pertanyaan ini tidak akan dapat dijawab hanya dengan menggunakan alasan keuangan semata. Korupsi adalah sebuah perilaku multidimensi (multi dimensional behavior). Oleh karena itu, kotak pandora yang berisi perilaku korup (corrupt behavior) itu harus dibuka.

Penyebab seseorang melakukan korupsi itu sendiri beraneka ragam. Penyebab seseorang melakukan korupsi dapat berasal dari faktor budaya, faktor psikologis individu, faktor perilaku yang ditunjukkan oleh orang-orang lain hingga faktor struktural. Faktor-faktor inilah yang hendak dibahas di dalam buku ini secara komprehensif.

Bab 1 buku ini membahas mengenai apa itu korupsi secara luas, terutama dari aspek perilaku manusia yang korup. Bab ini juga membahas tentang teori-teori yang mendorong seseorang untuk melakukan korupsi. Faktor-faktor tersebut berupa faktor internal, faktor organisasi hingga faktor-faktor yang berasal dari lingkungan masyarakat. Sebagai penutup Bab ini, juga akan dibahas mengenai filsafat korupsi secara umum.

Bab 2 menjelaskan tentang bagaimana korupsi dapat menjadi sebuah kebiasaan yang umum dilakukan di Indonesia. Diawali dari penjelasan tentang korupsi dari perspektif sejarah, sosiologis, kebiasaan pemberian hadiah (gratifikasi) yang umum terjadi di Indonesia, diskresi hingga jaringan korupsi (corruption network).

Bab 3 buku ini membahas mengenai berbagai macam aspek perilaku menyimpang, mahzab-mahzab kriminologi, jenis-jenis viktimologi dan kejahatan kerah putih yang sering terjadi. Bab ini juga menjelaskan tentang hubungan antara kriminologi, viktimologi serta kejahatan kerah putih dengan perilaku korup itu sendiri.

Bab 4 membahas mengenai teori-teori kriminologi dan bagaimana teori kriminologi dapat menjelaskan perilaku korup yang dilakukan oleh para koruptor. Teori kriminologi yang dibahas dalam buku ini dikategorikan ke dalam teori kriminologi dari dimensi psikologis dan keperilakuan, teori kriminologi dari dimensi lingkungan dan organisational dan teori kriminologi yang dipengaruhi oleh kedua dimensi tersebut.

Bab 5 membahas bagaimana perilaku korup dapat ternormalisasi menjadi sebuah perilaku yang umum dilakukan di dalam sebuah organisasi. Di dalam Bab ini dijelaskan bahwa normalisasi perilaku korup dapat terjadi melalui empat mekanisme mendasar yaitu compulsion, compliance, contagion dan corrosion.

Bab terakhir dari buku ini akan membahas mengenai korupsi dari dimensi etika dan kebijakan publik. Diawali dari penjelasan tentang apa itu etika, dilanjutkan dengan pembahasan mengenai teori-teori etika dan bagaimanakah teori-teori etika memandang perilaku korup. Di dalam Bab ini juga dibahas mengenai korupsi di dalam proses kebijakan publik, berbagai macam aspek whistleblower, rent seeking dan trading activities serta penyalahgunaan wewenang di dalam organisasi pemerintahan.

Buku ini ditulis karena adanya asa akan tibanya sebuah fajar di Indonesia, yang tidak tercemar oleh perilaku korup yang dilakukan oleh para koruptor. Buku ini sangat bermanfaat untuk dibaca oleh pejabat publik dan aparat sipil negara, pemerhati korupsi, akademisi dan kalangan intelektual, penegak hukum, mahasiswa hingga masyarakat umum yang ingin memahami mengapa korupsi merupakan perilaku yang umum terjadi.

Buku ini dapat memberikan jawaban mengapa banyak sosok yang sebenarnya adalah orang yang baik pada akhirnya terdorong untuk melakukan berbagai macam perilaku korup.

 

 

Politik, Birokrasi & Kebijakan Publik: Pokok-Pokok Pemikiran dalam Memerangi Tuna Politik di Indonesia

 

 

Penulis   :Andi P. Rukka
Penerbit   :Birokrat Menulis
Halaman/Dimensi:194/18 x 11 cm
Tahun Terbit:2018
Harga Buku:Rp67.250 (belum termasuk ongkir)
Sinopsis:Penyebutan tahun politik atas 2018 dan 2019 yang merujuk pada penyelenggaraan pilkada serentak dan pemilihan presiden dan pemilihan legislatif yang akan datang menunjukkan cara berpikir sebagian kita tentang politik yang belum paripurna. Ada kesan seolah-olah prosesi pemilu dianggap sebagai sesuatu yang “sangat politis” sehingga secara berlebihan mengalami semacam sakralisasi. Padahal di ranah praksis, kontribusi proses pemilu terhadap upaya pencapaian tujuan politik dan bernegara tidaklah begitu signifikan.

Pemilihan kepala daerah, pemilihan anggota legislatif dan pemilihan kepala negara barangkali memang merupakan event demokrasi yang vital, kolosal, berbiaya mahal, dan tentu saja, menguras energi warga. Akan tetapi sesungguhnya bukanlah yang terpenting. Kegiatan lima tahunan itu seolah dirancang sedemikian rupa sehingga menjadi sebuah momen mendebarkan yang dinanti dengan harap-harap cemas. Lantas mengalihkan perhatian warga pada aspek politik terpenting yang seharusnya lebih mereka cermati dan akrabi.

Aspek terpenting itu adalah kebijakan publik. Kebijakan publik menjadi penentu apakah sebuah sistem politik bekerja dengan baik dalam sebuah negara atau daerah. Di sanalah kita bisa menemukan indikator keberhasilan dari sebuah sistem politik dalam menjalankan tugasnya.

Anda bisa sukses meraih predikat sebagai salah satu negara demokrasi terbesar di dunia berkat penyelenggaraan pemilihan umum yang tertib dan lancar, tetapi kesuksesan itu tidak akan mengubah nasib orang-orang yang tidak terurus di negeri itu. Karena kebijakan publiklah yang mengubahnya. Pemilu tidak akan serta merta mengangkat derajat kecerdasan dan kesehatan suatu bangsa tanpa dibarengi kebijakan publik yang berkualitas.
Kapan kebijakan publik itu berproses? Di sepanjang tahun-tahun yang justru tidak disebut sebagai tahun politik. Di sepanjang waktu yang sunyi dari hingar-bingar kampanye dan janji-janji politik yang diumbar. Bahkan, kebijakan publik berproses ketika sebagian warga sedang tertidur.
Peralihan fokus dari seremoni pemilihan langsung ke proses perumusan kebijakan publik merupakan salah satu tema pokok yang diangkat dalam buku POLITIK, BIROKRASI, & KEBIJAKAN PUBLIK: Pokok-pokok Pemikiran dalam Memerangi Tuna Politik di Indonesia ini.

Dalam salah satu bagian disebutkan bahwa “bukankah demokrasi dan desentralisasi dirancang untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat? Bukankah demokrasi dan desentralisasi tidak hanya sekedar melegalkan kedudukan seseorang menjadi kepala daerah? Bukankah pemilihan kepala daerah hanya satu dari sekian banyak isu pemerintahan daerah lainnya yang jauh lebih penting? Dengan kata lain, buku ini ingin menegaskan bahwa demokrasi dan desentralisasi adalah jalan terbaik untuk meraih kesejahteraan yang menjadi dambaan setiap warga negara. Kalaupun di dalamnya terdapat pemilihan umum, maka seharusnya pemilihan umum itupun berefek kesejahteraan.

Buku berdimensi kecil ini tidak membahas hal-hal besar. Senada dengan bentuknya, isi buku ini pun sangat kecil, sederhana, remeh temeh, dan mungkin tidak penting. Satu-satunya hal yang membuat buku ini penting adalah karena isinya berhubungan dengan kehidupan begitu banyak orang di negeri yang besar ini.
Buku ini ingin menggugah kita yang tidak menyadari kalau politik praktis itu sangat seksi. Buku ini ingin menunjukkan kepada kita, yang biasa mengabaikan peristiwa-peristiwa politik yang terjadi di sekitar kita, bahwa hal yang kita abaikan itu adalah sesuatu yang sangat penting bagi hidup kita.

Melalui buku ini, penulis ingin berbicara kepada rakyat. Berbicara kepada pemilik sejati negeri ini. Karena hanya dengan suara rakyat kondisi bangsa ini bisa berubah. Rakyat adalah pihak yang paling berperan dan paling bertanggung jawab atas maju mundurnya bangsa ini dengan pilihan-pilihan politik yang mereka ambil. Kalau negeri ini mau berubah, maka rakyatlah yang harus bertindak.

Oleh penulisnya, buku ini disebut sebagai sebuah buku bacaan biasa. Walaupun bercerita soal politik, atau negara, atau demokrasi, dan pemilihan umum, tetapi tetap saja buku ini hanya buku bacaan biasa. Istilah-istilah asing berbau ilmiah yang tidak bisa dihindari tidak menjadikan buku ini layak dinobatkan sebagai literatur ilmiah. Di samping karena buku ini tidak lahir dari hasil kontemplasi intelektual yang mendalam, juga karena, sesuai dengan tujuan penulisannya, buku ini hanya kupasan pengetahuan yang begitu dangkal tentang politik praktis yang seyogianya dimiliki oleh seorang warga negara.

Buku ini hanya mencoba mengisi kekosongan akan buku-buku politik yang praktis, ringan, dan sederhana, yang bisa menjadi sumber referensi masyarakat, khususnya bagi mereka yang tidak bisa memperolehnya dari literatur-literatur ilmiah.

Kebanyakan buku politik yang beredar di tengah masyarakat dibuat untuk tujuan akademik sehingga kurang bisa “diakrabi” oleh publik.
Pemesanan:[email protected]

 

 

100 Catatan Inspirasi Muslim “The Next Competitor”

Penulis:Randy Ariyanto W dan Dyah Lestyarini
Penerbit:Rumah Pintar Aisha
Tahun Terbit:2017
Halaman:220
Harga:Rp 35.000,00 (tidak termasuk ongkir)
Sinopsis:Buku 100 Catatan Inspirasi Muslim "The Next Competitor" berisi tentang catatan inspirasi yang berhubungan dengan pengembangan diri. Banyak tulisan mengenai manajemen diri di pekerjaan yang cocok bagi mereka yang baru atau akan bekerja, motivasi menulis, kepemimpinan, tips dalam mengelola hidup untuk lebih baik. Semua dikemas dalam catatan-catatan sederhana yang dapat dimengerti semua orang.
Pemesanan: 08567042055 (Randy)

100 Catatan Inspirasi Muslim “New Comer”

Penulis:Randy Ariyanto W dan Dyah Lestyarini
Penerbit:Rumah Pintar Aisha
Tahun Terbit:2017
Halaman:204
Harga:Rp 35.000,00 (tidak termasuk ongkir)
Sinopsis :Buku 100 Catatan Inspirasi Muslim "New Comer" berisi tentang catatan inspirasi yang berhubungan dengan pengembangan diri. Banyak tulisan mengenai manajemen diri di pekerjaan yang cocok bagi mereka yang baru atau akan bekerja, motivasi menulis, kepemimpinan, tips dalam mengelola hidup untuk lebih baik. Semua dikemas dalam catatan-catatan sederhana yang dapat dimengerti semua orang.
Pemesanan: 08567042055 (Randy)

Pelajaran Sederhana Luar Biasa

Judul Buku:"Pelajaran Sederhana Luar Biasa"
Penulis:Yudisrizal
Penerbit:Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit:Edisi 1 Agustus 2017
Edisi 2 September 2017
ISBN:978-602-03-5532-0
Tebal:268 halaman
Harga:Rp78.000 (Free ongkir untuk Jabodetabek dan Jawa Barat)
Pemesanan:WA No 08121058042
email:[email protected]
Sinopsis:Hidup sesuai keinginan adalah impian, hidup realistis sesuai kemampuan adalah keharusan.

Manusia selalu berusaha mencari ketenangan dan kenyamanan dalam hidup. Bahwa kita punya hasrat untuk memiliki penghasilan atau kekayaan yang terus meningkat adalah satu hal. Bagaimana setiap peningkatan penghasilan tidak diiringi bertambahnya konsumsi atau kenaikan gaya hidup adalah hal lain. Sungguh, butuh seni tersendiri untuk mengendalikan diri.

Melalui sosok bernama Sani, buku ini mengisahkan cerita penaklukan diri sendiri. Sani berusahan mencari kebahagiaan hakiki, bukan sekadar mengejar kehormatan dan kebanggaan yang hadir karena punya jabatan atau kekayaan tertentu.
Melalui Sani yang digulung pasang-surut kehidupan, kita diajak mengambil pelajaran dari hal-hal sederhana. Sadar bahwa saat berada di titik nadir pun, masih banyak hal yang pantas kita syukuri.

Selamat menikmati Pelajaran Sederhana Luar Biasa ini, Selamat menjadi penakluk diri sendiri.

Bagaimana Saya Menulis

Penulis   :Pegiat Birokrat Menulis
Penerbit   :Birokrat Menulis
Halaman:120
Tahun Terbit:2017
Harga Buku:Silakan menentukan sendiri harganya setelah buku ada di tangan Anda. Keuntungan atas penjualan buku akan digunakan untuk mendorong kegiatan literasi di kalangan birokrat.
Resensi:Klik di sini
Pemesanan:[email protected] atau No. WA 0821-3840-6066 (a.n. Ardeno Kurniawan)

“Inovasi Harga Mati: Sebuah Pengantar Inovasi Administrasi Negara”

Judul Buku:"Inovasi Harga Mati: Sebuah Pengantar Inovasi Administrasi Negara"
Penulis:Tri Widodo W. Utomo
Penerbit:Rajagrafindo Persada, Jakarta
Tahun Terbit:Maret 2017
Harga:Rp99.000 (Diskon 20% untuk pemesanan langsung ke penerbit, belum termasuk ongkir)
Pemesanan:Agus Salim (Penerbit Rajagrafindo) HP (081310291122) email:[email protected]
Abstraksi:Inovasi di bidang administrasi publik selama ini masih relatif lemah dan lambat, bahkan konsep dan sistem inovasi sektor publik belum terbangun hingga saat ini. Buku ini ingin menyajikan perspektif baru, gagasan kreatif, sekaligus praktik-praktik inovasi yang telah terjadi untuk menunjukkan bahwa prospek inovasi di kalangan pemerintahan sangatlah besar. Sebab, tanpa berinovasi maka pemerintah akan mengalami kematian.

Corruption The Devil

Penulis:HARYONO UMAR
Penerbit   :Universitas Tri Sakti
Halaman  :600
Tahun Terbit :2017
Harga Buku :Rp 130.000,00 (belum ongkir)
Resensi      :Klik di sini
Pemesanan :081318131234 (WA Ibu Rita)

Birokrat Menulis

Penulis:Adrinal Tanjung
Penerbit :Samudra Biru Yogyakarta
Halaman  :212
Tahun Terbit :Desember 2016
ISBN      :978-602-6295-01-9
Harga Buku  :Rp60.000,00
Resensi     :Klik di sini
Pemesanan  :Klik di sini

Peningkatan Kinerja ala Pacuan Gajah

Penulis   :Nur Ana Sejati
Penerbit  :
Warungkopipemda
Halaman :323
Tahun Terbit:2015
Harga Buku  :Silakan menentukan sendiri harganya setelah buku ada di tangan Anda. Keuntungan atas penjualan buku akan digunakan untuk mendorong kegiatan literasi di kalangan birokrat.
Resensi    :Klik di Sini
Pemesanan :Klik di sini
error: