Booklet Birokrat Menulis Vol. 1 tahun 2021: KETIKA BIROKRASI MENGHADAPI PANDEMI

by | Jan 30, 2021 | Birokrasi Berdaya, Buletin, Galeri | 1 comment

Pengantar Redaksi

Tanpa disadari, Pergerakan Birokrat Menulis telah 4 tahun hadir mewarnai Indonesia. Sebagai penanda hari lahirnya pada penghujung Januari tahun 2021, Birokrat Menulis menghadirkan kembali buletin dengan topik spesial “Ketika Birokrasi Menghadapi Pandemi”. Dalam buletin ini, dipilih kembali beberapa artikel yang pernah tayang dalam situs www.birokratmenulis.org dalam topik yang berkaitan dengan pandemi COVID-19, tulisan-tulisan yang merefleksikan buah pikir yang cerdas dan kritis dari para kontributor Birokrat Menulis yang tersebar di berbagai instansi pemerintahan di negeri ini.

Berkaitan dengan topik utama buletin ini, pandemi COVID-19 ini telah mengajarkan betapa terbatasnya pengetahuan manusia tentang kehidupan di dunia ini. Sampai dengan saat ini, kita masih perlu belajar tentang virus yang ‘hanya’ berukuran sekitar 60 – 140 nanometer tersebut. Hal ini menjadi refleksi penting bagi kita semua, bahwa birokrasi sebagai sebuah sistem juga perlu belajar dan survive menjalankan misinya untuk melayani masyarakat dalam berbagai kondisi.

Selain tentang Pandemi COVID-19, awal tahun 2021 juga ditandai dengan beberapa peristiwa yang mengguncang masyarakat terkait dengan masih rentannya kecakapan integritas dan profesionalitas elite di birokrasi. Berbagai program anti korupsi yang ada sepertinya baru menyentuh akar rumput, alias birokrat di level jalanan (street level). Dengan kata lain, perlu adanya perubahan radikal dalam cara pandang dan penanganan anti korupsi yang juga mengarah pada perbaikan kultur politik.

Tidak semestinya birokrasi dan politik dipisahkan dalam garis yang jelas, yang akibatnya birokrasi justru menjadi alat untuk capaian kepentingan politik semata. Namun, birokrasi sejatinya adalah alat perjuangan politik yang secara embedded terjalin sangat erat untuk dapat saling mengawasi dan mengoreksi dari dalam, demi capaian kepentingan publik.

Karena itulah, www.birokratmenulis.org, sebagai sebuah pergerakan sekaligus platform menulis di kalangan birokrat, berharap semakin memiliki peran untuk dapat berkontribusi dalam pembenahan birokrasi. Pembenahan tersebut dilakukan dengan cara menulis.

Sekali lagi, kami meyakini bahwa dengan menulis, berbagai kegelisahan berikut gagasan akan tertuang dengan lebih cair dan mengalir. Kami, birokratmenulis.org, bersedia untuk menjadi letupan sekaligus tumpahan segala kegelisahan dan gagasan yang membuncah di hati dan benak para birokrat.

Buletin ini merupakan salah satu rangkuman tulisan brilian dari para kontributor Birokrat Menulis yang amat sayang untuk dilewatkan. Semoga buah pikir kita bersama bermanfaat bagi penanganan COVID-19 di negeri ini, dan pada akhirnya turut serta memberikan andil bagi perbaikan birokrasi dan Indonesia.

Salam hangat dari kami
Redaksi Birokrat Menulis

KRITIS, CERDAS, EMANSIPATIF

Booklet tersebut dapat diunduh pada tautan berikut : birokratmenulis.org/BookletBM-Vol-I

Redaksi

Redaksi

Author

1 Comment

  1. Avatar

    Bolehkah berlangganan buletin ini

    Reply

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sekilas Pergerakan Birokrat Menulis

Galeri Buku

Event

Diskusi STIA LAN

Diskusi Makassar

Diskusi Tjikini

Kerja sama dengan Kumparan

Mengikuti Kompetisi Riset KPK

Narasumber Diskusi Publik UGM

Diskusi Kelas Online

Popular Post

error: