Resensi Buku: 10 Jurus Sembuh COVID-19 dengan Bahagia

by | Jul 9, 2021 | Galeri, Resensi/Ulasan Buku dan Film | 2 comments

Sekira 10 tahun lalu saya bersua pertama kali dengan penulis buku kecil ini, Dedhi Suharto. Perawakannya kecil, pembawaannya kalem, tenang, namun penuh hujjah saat mengemukakan argumen. Sepuluh tahun sejak pertemuan tesebut, secara tidak sengaja saya bersua kembali. Kali ini tidak secara langsung, melainkan dalam forum penulis BirokratMenulis.org

Sekira 6 bulan lalu, Ia mengabarkan bahwa akhirnya terinfeksi COVID-19 dan kemudian dirawat di Rumah Sakit di bilangan Cisarua, Bogor. Sejak awal dinyatakan positif COVID-19, dibawa ke rumah sakit, dirawat intens, hingga harus ‘mendekam’ di ruang perawatan isolasi di Rumah Sakit, kabar kondisi beliau terus menghujani grup whatsapp forum kami.

Bukan dengan rintihan atau kabar keputusasaan yang minta dikasihani, tetapi pelajaran demi pelajaran terus diuluk ke hadirat kami, kawan-kawan di grup tersebut, yang saat itu kebanyakan masih sehat wal afiat belum terjangkit COVID-19 tetapi sudah mulai was-was dengan pandemi ini.

Segala istilah-istilah yang berhubungan dengan COVID-19 dan perawatan pasien COVID-19 dibagikan kepada kami hasil dari ‘beruzlah‘ selama di ruang perawatan isolasi. Waktu yang tiba-tiba serba luang, namun tidak dapat kemana-mana dimanfaatkan betul untuk mencari tahu segala sesuatu terkait perawatan yang memungkinkan Ia lekas dinyatakan sembuh dan tidak berbuat blunder dengan mengikuti saran-saran tanpa dasar.

Gelar doktornya memang tidak berbohong. Hasil perburuan informasinya terhitung detail dan akurat dibagikan untuk kami, setelah Ia gunakan sendiri dan konsultasikan dengan dokter yang merawat di Rumah Sakit.

Dalam kondisi tersebut, bukan kami (yang notabene sedang sehat) yang menyemangati Pak Dedhi, tetapi beliaulah yang membagikan ketenangan, semangat, dan kebahagiaan meski dalam kondisi harus perawatan intens.

Kini, kondisi di Indonesia sedang tidak baik-baik saja terkait pandemi. Peningkatan drastis kembali terjadi di hampir seluruh Indonesia. Bahkan, puncaknya melebihi puncak infeksi yang pernah terjadi pada Januari 2021 kemarin. Kepanikan mulai terasa kembali di tengah keputusasaan pandemi yang tidak kunjung berhenti setelah setahun lebih melanda Indonesia.

Maka, hadirnya buku kecil ini menjadi sangat penting. Penting karena hasil pengalaman sendiri menjadi pasien COVID-19 yang disarikan menjadi pelajaran yang dapat kita gunakan dan praktikkan sendiri, ketika berada dalam situasi dan kondisi yang sama.

Penting karena apa yang disajikan juga berdasarkan hasil membaca sumber-sumber terpercaya dan konsultasi dengan dokter yang merawatnya. Juga menjadi pilihan menarik bagi yang ingin menjawab rasa penasaran, menambah referensi tentang melawan Covid dari sudut pandang penyintasnya, dalam versi yang lebih ringkas.

Ya, karena beberapa bulan yang lalu Dedhi Suharto juga membukukan catatannya selama berjuang melawan virus mematikan ini dalam sebuah novel. Ulasannya tentang novel ini dapat dibaca di sini https://birokratmenulis.org/pelajaran-dari-sang-penyintas-badai-covid-19-berat/.

Jurus-jurus yang bisa dipraktikkan kala terjangkit COVID-19 ini disarikan dalam 10 jurus utama yang kemudian dijadikan tajuk buku kecil ini: 10 Jurus Sembuh Covid-19 dengan Bahagia. Penulis menyatakan bahwa kunci utama yang langsung dapat kita usahakan adalah dengan mengatur pikiran dan hati untuk tetap bahagia, sembari mengupayakan tindakan-tindakan medis untuk menunjang agar kondisi badan tetap dalam kondisi baik.

Buku ini kecil semata, dapat dibaca sekali duduk. Namun, isinya memuat poin-poin yang patut kita perhatikan betul. Buku kecil ini juga dilengkapi suplemen pelengkap yang dapat kita rujuk jika tiba-tiba hal yang tidak kita inginkan menghampiri diri atau keluarga terdekat.

Sudah banyak saya mendengar cerita keluarga atau pribadi yang positif COVID-19, alpa mengupayakan diri untuk melakukan tindakan-tindakan yang sebenarnya dapat mereka usahakan sejak dini, seperti tetap tenang, memahami apa yang sebenarnya terjadi, dan tidak mudah percaya terhadap kabar berita yang tidak jelas dasarnya.

Semua itu akhirnya membuat kondisi yang bersangkutan semakin drop dan tidak dapat melewati semua ujian ini dengan baik.

Akhir kata, semoga buku kecil ini dapat menjadi manfaat baik bagi pembaca, maupun penulisnya yang dengan penuh semangat membagikan softcopy-nya secara cuma-cuma. Semoga kita selalu dalam hati yang bahagia.

Buku ini dapat diunduh pada tautan berikut secara gratis : http://birokratmenulis.org/10JurusSembuhCovid19DenganBahagia

5
0
Trian Ferianto ◆ Professional Writer

Trian Ferianto ◆ Professional Writer

Author

Auditor pada salah satu Instansi Pemerintah Pusat. Alumni Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) dan Universitas Jenderal Soedirman. Pengembang aplikasi monitoring pengawasan MRRP COVID-19. Online and Digital Enthusiast. Penikmat Buku dan Kopi. Suka bersepeda. Professional blogger at PinterIM.com

2 Comments

  1. Avatar

    Salam kembali, Pak Teo Tarigan. Semoga Tuhan melindungi kita semuanya. Aamiin.
    Terima kasih untuk Pak Trianfe yang sudah menuliskan resensinya.

    Reply
  2. Avatar

    Bagus sekali resensi buku yang pastinya juga sangat inspiratif ini, Mas Trian. Semoga kita semua sehat selalu. Terima kasih untuk kebaikan hati dalam menuliskan resensi buku yang penting dan menarik ini. Dibagikan secara gratis pula.
    Tuhan memberkati, Mas Trian. Salam hangat dan sehat selalu pula kepada Dr. Dedhi Suharto.

    Reply

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sekilas Pergerakan Birokrat Menulis

Galeri Buku

Event

Diskusi STIA LAN

Diskusi Makassar

Diskusi Tjikini

Kerja sama dengan Kumparan

Mengikuti Kompetisi Riset KPK

Narasumber Diskusi Publik UGM

Diskusi Kelas Online

Popular Post

error: