SELAMAT BERGABUNG !


 

Pernahkah Anda bertemu dengan seorang birokrat cerdas, kritis, dan menginspirasi? Bisa jadi Anda hanya berkerut dan kembali bertanya, adakah sosok seperti itu? Atau mungkin hanya ada dalam impian?

Birokrat sering dilekati dengan sifat sebaliknya, malas, pasif, dan tidak kreatif.  Mungkin karena fakta di lapangan memang begitulah yang terjadi. Ditambah lagi dengan banyaknya kasus birokrat yang terkena kasus korupsi. Bertambahlah julukannya menjadi birokrat korup.

Birokrat Menulis adalah sebuah gerakan untuk mendorong gerakan literasi di kalangan para birokrat.  Mungkin terlalu berlebihan dengan mengharapkan gerakan ini bisa mengubah citra para birokrat seratus delapan puluh derajat. Gerakan ini hanyalah salah satu upaya untuk membangun sektor pengetahuan di lingkungan birokrat yang selama ini sering terabaikan.

Ya, terabaikan. Dari sisi alokasi anggaran, memang terlihat di banyak pemerintah daerah mengalokasikan lebih dari lima puluh persen untuk gaji mereka. Tapi, tahukah Anda berapa persen anggaran biaya pengembangan kapasitas mereka? Sangat sangat sangat kecil. Cobalah sesekali tanyakan kepada mereka berapa kali diklat, training, workshop, atau seminar yang mereka ikuti dalam lima tahun terakhir. Bisa jadi hanya satu kali. Bisa dipahami karena alokasi anggaran untuk infrastruktur memang lebih diprioritaskan.

Birokrat Menulis adalah satu upaya untuk mengisi celah ini. Celah dimana para birokrat dan para pemerhati birokrat berkontribusi untuk perbaikan negeri ini dengan mengembangkan kapasitas diri sendiri secara mandiri dan bersama-sama. Celah dimana para birokrat dan para pemerhati birokrat bersama-sama menguatkan semangat, menguatkan tekad, dan membangun komitmen untuk terus belajar dan berbagi pengetahuan.

Lalu, mengapa harus dengan menulis?

Birokrat memang kurang terbiasa menulis. Waktu mereka lebih banyak tersita untuk melakukan hal-hal yang bersifat praktis dan rutinitas. Dari sisi pemahaman atas kondisi yang terjadi terhadap pemerintahan di negeri ini mereka sangat memahami dengan baik karena merekalah pelaku utama. Hanya saja, pengetahuan ini lebih banyak tersimpan rapi dalam diri setiap individu birokrat. Belum menjadi pengetahuan bersama yang bisa jadi sangat bermanfaat untuk membangun negeri. Pengetahuan itu juga belum cukup ditransparansikan ke masyarakat sehingga dapat menjadi diskursus publik, termasuk dapat ditelaah kembali apakah relevan dan sesuai dengan konteks dan kultur lokal.

Menulis adalah salah satu sarana untuk  berbagi pengetahuan. Dalam tulisannya yang berjudul Knowledge By Association: Communities of Practice in Public Management, Amy E Smith mengatakan bahwa berdasarkan penelitian, knowledge sharing atau berbagi pengetahuan ini dapat mendorong inovasi, mengurangi redundancy, membangun ‘trust’, mengembangkan jaringan dan modal sosial, memfasilitasi pertukaran ide-ide dan best practices, membangun kolaborasi jangka panjang, dan bahkan meningkatkan akuntabilitas.

Terlepas dari manfaat-manfaat yang ditawarkan tersebut, Pramudya Ananta Toer pernah mengatakan: Orang boleh pandai setinggi langit. Tapi, selama tidak menulis, ia akan hilang dalam masyarakat dan sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian.

Sejalan dengan itu Birokrat Menulis juga merupakan salah satu upaya untuk mendokumentasikan sejarah, sejarah individu birokrat, sejarah para birokrat, sejarah pemikiran birokrat, sejarah gerakan birokrat, dan sejarah harapan dan angan birokrat yang kelak akan menjadi manuskrip yang abadi…

Semoga

 


VISI, NILAI-NILAI, MISI, DAN SASARAN


 

VISI

Mencetak birokrat cerdas, kritis, dan menginspirasi melalui tulisan demi perbaikan birokrasi yang bersih, efisien, efektif, berdaya, melayani, dan akuntabel

NILAI-NILAI

  • Integritas
  • Kompeten
  • Original
  • Produktif
  • Inovatif
  • Responsibel

 MISI

  • Menggugah semangat dan menumbuhkan budaya literasi di kalangan birokrat
  • Memperluas wawasan ke-literasi-an dan meningkatkan kemampuan menulis di kalangan birokrat

SASARAN

  • Membangun networking sebagai sarana menjalin hubungan dan membangun komunikasi antar birokrat.
  • Membangun writing circle sebagai sarana membangun kapasitas menulis di kalangan penulis birokrat pemula.
  • Menerbitkan buku sebagai sarana promosi gerakan literasi dan penyaluran bakat menulis.

DISCLAIMER


  1. Semua informasi dalam laman birokratmenulis.org diterbitkan untuk memberikan informasi secara umum.
  2. Semua tulisan dalam Birokrat Menulis adalah pendapat dan tanggung jawab pribadi penulis dan tidak mewakili pendapat organisasi dimana penulis bekerja.
  3. Kami tidak menjamin kelengkapan, keandalan, dan keakuratan informasi yang tersaji dalam setiap tulisan di laman ini.
  4. Kami tidak bertanggungjawab jika ada kerugian atau kerusakan yang disebabkan oleh informasi dalam tulisan dalam laman ini.
  5. Kami tidak menjamin keamanan dari situs pihak ketiga yang anda kunjungi melalui link eksternal situs ini.
  6. Tulisan laman ini dapat di-copy dengan menyertakan link laman. Tindakan menyalin tulisan tanpa menyertakan link atau referensi penulis adalah tindakan plagiat.
  7. Jika ada yang keberatan terkait copyright dari hal-hal yang ditampilkan di laman Birokrat Menulis, mohon pemilik copyright agar menyampaikan keberatannya ke redaksi Birokrat Menulis.
  8. Dengan menggunakan laman kami, berarti anda menyetujui disclaimer situs ini.

.

TERIMA KASIH ATAS PERAN AKTIF ANDA DALAM GERAKAN INI