Berawal dari surat terbuka yang kami posting pada laman Kumparan yang berjudul “Surat Terbuka Untuk Jaksa dan Hakim yang Menjeruji Kawan Kami, Palupi”, tim Kumparan mengundang tim Birokrat Menulis. Surat tersebut berisi dukungan kepada seorang birokrat yang sedang menjalani proses hukum atas “tugas negara” yang ia laksanakan.

Pasca posting surat terbuka tersebut, tim Kumparan menghubungi tim Birokrat Menulis dan menawarkan sebuah kerjasama. Kerjasama tersebut berupa kepercayaan yang diberikan kepada Birokrat menulis untuk tampil lebih aktif pada layanan jurnalisme masyarakat yang mereka sediakan.

Kami diundang secara khusus datang ke kantor Kumparan. Di sana, tim Birokrat Menulis yang diwakili oleh Adrinal Tanjung dan Ryan Agatha mendapatkan penjelasan secara rinci mengenai seluk-beluk Kumparan serta kerjasama yang mereka tawarkan.  Tim Kumparan memperlakukan kami layaknya investor karena mereka menjawab segala pertanyaan yang kami ajukan seperti tentang bisnis proses dan struktur kepengurusan Kumparan.

(Foto dok. BM: Suasana Pertemuan Tim Birokrat Menulis dengan Tim Kumparan)

Inti kerjasama yang kami sepakati adalah bahwa Kumparan memberikan label kepada Birokrat Menulis berupa sebuah akun verified pada layanan jurnalisme masyarakat. Akun tersebut sejajar dengan akun Swaonline, Caknun, Media Center Kemenkumham hingga akun politisi sekelas Fahri Hamzah. Dengan memiliki akun verified ini, Kumparan berharap Birokrat Menulis bisa “berbicara” lebih banyak tentang perbaikan birokrasi di negeri ini.

(Foto dok.BM: Tak ketinggalan, kami ikut mengabadikan suasana kantor Kumparan)

Tentu saja kerjasama ini merupakan penghargaan besar bagi Birokrat Menulis yang baru berdiri kurang dari setahun. Kerjasama ini menggambarkan kepercayaan yang besar atas kredibilitas Birokrat Menulis selama ini.

(Foto Dok. BM: Redaktur Senior Kumparan, Yusuf Arifin (paling kiri) ikut menemani pembahasan kerja sama ini)

Terima kasih Kumparan atas kepercayaannya terhadap kami. Di tengah gegap-gempita tumbuhnya jurnalisme masyarakat di era demokrasi, Kumparan masih memberikan ruang bagi dunia birokrat untuk bersuara. Sebuah ruang bagi birokrat untuk mengekpresikan ide-ide dan pemikirannya secara cerdas, kritis, dan menginspirasi melalui tulisan. Ikuti kami di https://Kumparan/birokrat-menulis.

(Dilaporkan oleh: Ryan Agatha).

 

 

error: