Di tengah kerumunan Pilpres 2019, aparat sektor publik mestinya fokus melihat misi mereka. Alih-alih terperangkap mendukung salah satu calon, inilah saat yang tepat melihat kembali misi mereka.

Untuk membantu mereka melihat kembali misi mereka, kali ini Redaksi Birokrat Menulis mengulas beberapa misi lembaga atau organisasi sektor publik di Indonesia.

Ulasan ini tidak ditujukan untuk menghakimi, tetapi untuk membantu aparat merefleksikan kembali misi organisasinya. Refleksi ini penting dilakukan agar aparat tidak terjerumus pada misi politik yang kemungkinan bertentangan dengan misi organisasi yang telah ada sebelumnya. Selain itu, refleksi berguna untuk melihat kembali kelemahan misi yang ada sekiranya belum optimal dalam pemenuhan kepentingan publik.

Beberapa ulasan misi berikut ini dikelompokkan dalam organisasi inti sektor publik (core government entities), lembaga audit sektor publik, aparat penegak hukum, dan lembaga-lembaga lain.

Catatan: Redaksi sangat mengapresiasi ulasan yang disiapkan oleh para mahasiswa di sebuah perguruan tinggi yang telah membantu memberikan ulasan berikut ini.

1. Lembaga-Lembaga Inti Sektor Publik:

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial

Badan Pusat Statistik

2. Lembaga Audit Sektor Publik

Badan Pemeriksa Keuangan

Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan

3. Aparat Penegak Hukum

Komisi Pemberantasan Korupsi

Kejaksaan Agung

4. Lembaga-Lembaga Lain

Otoritas Jasa Keuangan

Bank Indonesia

Komisi Pemilihan Umum

Komisi Perlindungan Anak Indonesia

Lembaga Penjamin Simpanan

 

4
0
error: